Kebijakan Privasi

 

Layanan Nusawork HR

PT Media Antar Nusa (“Perusahaan” atau “Kami”) menyusun kebijakan ini untuk menjelaskan kepada Anda (“Anda” atau “Pengguna”) bagaimana Perusahaan memperoleh, memproses, menjaga, menggunakan, menampilkan, mengirimkan, menyampaikan, menghapus dan memusnahkan Data Pribadi yang Anda berikan kepada Perusahaan pada saat mengunduh, mengunggah, mengakses, serta menggunakan Layanan, kecuali diatur lain pada ketentuan yang terpisah.

 

Anda menyatakan bahwa Data Pribadi yang anda berikan kepada Perusahaan pada saat mengunduh, mengunggah, mengakses, serta menggunakan Layanan adalah benar dan sah. Anda mengetahui dan menyetujui untuk memberikan Data Pribadi kepada Perusahaan untuk diperoleh, diproses, dijaga, digunakan, ditampilkan, dikirimkan, disampaikan, dihapus dan dimusnahkan sesuai dengan Kebijakan Privasi Layanan Nusawork HR untuk selanjutnya disebut “Kebijakan” dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Kami mengharapkan kesediaan Anda untuk membaca, memahami dan menyetujui setiap ketentuan yang tertuang dalam Kebijakan ini dan ketentuan penggunaan Layanan. Apabila Anda tidak menyetujui Kebijakan ini atau ketentuan penggunaan Layanan, mohon agar tidak menggunakan Layanan. Dengan mengakses Aplikasi, Anda mengakui telah membaca, memahami dan menyetujui seluruh ketentuan dalam Kebijakan ini yang merupakan satu kesatuan bagian tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan Layanan Nusawork HR. Istilah-istilah dalam huruf kapital mempunyai arti yang sama dengan Syarat dan Ketentuan Layanan NusaWork HRIS, kecuali diatur berbeda dalam Kebijakan ini.

 

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka Perusahaan menerapkan Kebijakan sebagai berikut:

 

1. Kebijakan Privasi

  1. Data Pribadi” berarti data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang melekat dan dapat diidentifikasi, baik langsung maupun tidak langsung pada masing-masing Pengguna yang menggunakan Layanan, yang dari waktu ke waktu disampaikan kepada Perusahaan dalam, pada dan/atau melalui Aplikasi yang mencakup termasuk namun tidak terbatas pada: (i) nama; (ii) alamat; (iii) nomor telepon; (iv) data mengenai penggunaan Layanan; (v) Username; (vi) Password; dan (vii) data lainnya yang termasuk atau dapat dipersamakan dengan Data Pribadi.
  2. Pengguna mengetahui bahwa dalam menyampaikan Data Pribadi kepada Perusahaan dilakukan secara sukarela. Dalam hal, Anda tidak memberikan Data Pribadi kepada Perusahaan, maka Perusahaan tidak dapat memproses Data Pribadi untuk tujuan yang diatur dalam Kebijakan ini, dan dapat menyebabkan Perusahaan tidak dapat memberikan Layanan kepada atau memproses penggunaan Layanan oleh Anda. Anda membebaskan Perusahaan dari setiap tuntutan, gugatan dan/atau ganti rugi sehubungan dengan kegagalan pemrosesan penggunaan Layanan yang disebabkan oleh tidak ketidakakuratan Data Pribadi yang Anda berikan.
  3. Perusahaan mengumpulkan Data Pribadi pada saat Anda: (i) melakukan registrasi atas Aplikasi; (ii) melakukan perubahan Data Pribadi; (iii) mengakses Aplikasi atau menggunakan Layanan; (iv) atau pada saat lainnya sebagaimana mungkin dimintakan oleh Perusahaan (apabila diperlukan) dari waktu ke waktu.
  4. Anda dengan ini memberikan persetujuan kepada Perusahaan untuk mengambil, memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menggunakan dan mengungkapkan Data Pribadi kepada pihak yang layak baik di dalam maupun di luar wilayah Republik Indonesia, termasuk para penyedia jasa dan perusahaan lain dalam grup usaha Perusahaan dan pihak ketiganya.
  5. Penggunaan Data Pribadi
  6. Penggunaan (Aplikasi) dan transfer informasi yang diterima dari Google API ke aplikasi lain akan mematuhi Kebijakan Data Pengguna Layanan Google API, termasuk persyaratan Penggunaan Terbatas.

 

Perusahaan memproses dan/atau menggunakan Data Pribadi untuk tujuan sebagaimana tersebut di bawah ini ataupun tujuan lain sebagaimana diizinkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Mengidentifikasi dan mendaftarkan Anda sebagai pengguna Layanan dan melakukan verifikasi, menonaktifkan atau mengelola akun Anda;
  2. Memungkinkan Perusahaan untuk menyediakan Layanan atau memproses penggunaan Layanan oleh Anda;
  3. Mencegah, mendeteksi, menyelidiki dan mengatasi atas kemungkinan tindakan yang merupakan, kejahatan, dilarang, ilegal, tidak sah, yang mungkin timbul dalam penggunaan Layanan, termasuk  namun tidak terbatas pada penipuan ( fraud ), pencucian uang atau tindak pidana lainnya;
  4. Untuk keperluan administrasi Informasi Akun;
  5. Pelaksanaan riset mengenai data demografis Pengguna;
  6. Untuk keperluan administratif internal, seperti: audit, analisis data, rekaman-rekaman dalam database;
  7. Menjaga keselamatan, keamanan, dan keberlangsungan Aplikasi;
  8. Penilaian, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap permohonan proses penggunaan Layanan melalui Aplikasi dan/atau profil Anda;
  9. Melakukan verifikasi, penilaian risiko, analisis dan perencanaan statistik dan tren, termasuk melaksanakan pengolahan data, analisis statistik, kredit, untuk referensi saat ini dan di masa mendatang;
  10. Pengelolaan hubungan Perusahaan dengan Anda, termasuk menyediakan informasi atau penawaran mengenai Layanan dan/atau produk dan produk atau jasa oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Perusahaan, seperti untuk hal-hal sebagai berikut: (i) mengidentifikasi Anda ketika Anda menghubungi Perusahaan atau menggunakan Aplikasi; (ii) menghubungi Anda terkait dengan permintaan Anda; (iii) mengirim notifikasi melalui surat elektronik (email) kepada Anda; (iv) untuk keperluan bisnis secara umum termasuk untuk memverifikasi identitas Anda; (v) menyediakan, mengelola, mengembangkan dan menawarkan berbagai Layanan, produk dan/atau jasa kepada Anda, mengizinkan Anda berpartisipasi dalam Layanan, produk dan/atau jasa Perusahaan; (vi) menangani pertanyaan atau keluhan yang dibuat oleh atau tentang Anda sehubungan dengan Aplikasi dan/atau Layanan dan disimpan untuk mencegah dan mendeteksi kecurangan, pelanggaran dan bentuk penyalahgunaan lainnya; (vii) memverifikasi kepatuhan Anda terhadap persyaratan dan ketentuan yang mengatur penggunaan Aplikasi; (viii) mengizinkan pihak ketiga yang berwenang guna mengadakan konfirmasi mengenai status Anda dalam database  Perusahaan atau Aplikasi (apabila diperlukan); (ix) mengadakan atau melakukan survei, riset, evaluasi, studi akademik dan/atau pengembangan Aplikasi, Layanan, produk dan/atau jasa, baik oleh Perusahaan dan/atau pihak ketiga; (x) melakukan setiap investigasi berdasarkan hukum sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku; (xi) memenuhi persyaratan hukum, regulasi dan kepatuhan yang berlaku terhadap Perusahaan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mematuhi setiap perjanjian yang berlaku sehubungan dengan Aplikasi; (xii) melaksanakan perintah atau kebijakan pemerintah, badan pengaturan atau instansi yang berwenang; dan (xiii) memberitahu Anda tentang perubahan-perubahan terhadap Aplikasi dan/atau Layanan.

 

2. Kebijakan Pengamanan

  1. Untuk mengakses Aplikasi, Pengguna diwajibkan untuk memasukkan Username dan Password. Untuk memastikan perlindungan dalam melakukan akses ke Aplikasi, mohon melakukan hal-hal sebagai berikut:

    1. Saat Anda pertama kalinya memasukkan Informasi Akun, Kami menyarankan untuk tidak menggunakan informasi yang mudah diterka, seperti anagram nama Pengguna (baik disertai dengan kombinasi simbol dan angka), nomor telepon dan lain-lain. Apabila Anda merasa Username dan/atau Password Anda telah diberitahukan kepada atau diketahui oleh pihak ketiga, hilang atau tercuri dan penggunaan tidak sah mungkin telah terjadi, Anda bertanggung jawab untuk segera melaporkannya kepada Perusahaan;
    2. Anda diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan Username dan Password dan tidak memberitahukan, membagikan atau menuliskan Username dan Password kepada siapapun. Anda wajib mengamankan Username dan Password dengan cara (i) tidak memberitahukan Username dan Password kepada orang lain; (ii) tidak mencatatkan Username dan Password pada kertas atau menyimpannya secara tertulis atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan diketahui orang lain; (iii) berhati-hati menggunakan Username dan Password agar tidak diketahui orang lain; (iv) mengganti Username dan Password secara berkala; (v) tidak menggunakan Username dan Password yang diberikan oleh orang lain atau yang mudah diterka;
    3. Tidak memberitahukan Username dan Password atau sebagian Username dan Password kepada siapapun, meskipun pihak tersebut mengaku sebagai karyawan atau pihak yang ditunjuk oleh Perusahaan. Kami tidak pernah menanyakan Username dan Password Anda, hanya Anda yang boleh mengetahui informasi ini;
    4. Untuk melindungi akses dan proses penggunaan Layanan oleh Pengguna pada saat menggunakan Aplikasi, Perusahaan menggunakan sistem pengamanan sebagai berikut:

      1. Akses dengan menggunakan Username dan Password;  
      2. Link verifikasi

  2. Untuk dapat menggunakan layanan minimal spesifikasi yang diperlukan:

    1. Peramban Chrome versi terbaru
      Perusahaan berhak untuk mengubah spesifikasi yang diperlukan dalam penggunaan Aplikasi dengan pemberitahuan kepada Pengguna.

  3. Penyimpanan  dan Keamanan Data

    1. Perusahaan memastikan bahwa Data Pribadi yang disampaikan Anda akan disimpan dengan aman sesuai dengan kebijakan internal Perusahaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Perusahaan akan menyimpan Data Pribadi yang disampaikan Anda selama diperlukan untuk memenuhi tujuan yang disampaikan dalam Kebijakan ini;

    2. Perusahaan akan berhenti menyimpan dan akan segera menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi setelah dianggap pemrosesan Data Pribadi tidak lagi diperlukan berdasarkan tujuan yang tercantum dalam Kebijakan ini.

 

3. Pengungkapan Data Pribadi

Perusahaan memahami untuk mematuhi ketentuan dalam Kebijakan ini dan akan terus menjaga kerahasiaan, namun untuk tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan, Anda memahami bahwa Perusahaan berhak memberikan informasi Anda kepada pihak ketiga dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Diperbolehkan atau disetujui oleh Anda;
  2. Diminta oleh pihak otoritas yang berwenang termasuk namun tidak terbatas pada pengadilan, dan/atau institusi pemerintah Republik Indonesia yang berwenang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Dipersyaratkan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku;
  4. Untuk keperluan penggunaan Aplikasi dan/atau penawaran produk atau jasa oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Perusahaan dan/atau afiliasi Perusahaan, termasuk namun tidak terbatas pada kegiatan pemasaran, penelitian, analisa dan pengembangan produk atau layanannya yang berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi tersebut; dan/atau
  5. Kepada Mitra Layanan, maupun pihak lain yang bekerja sama dengan Perusahaan dan untuk keperluan ini Perusahaan memiliki perjanjian  kerahasiaan dengan Mitra Layanan dan Mitra Layanan berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi yang diberikan.

 

4. Pembatasan

  1. Anda setuju untuk tidak meminta pertanggungjawaban Perusahaan dalam situasi berikut:
     
    1. Dimana suatu tindakan alam atau keadaan yang tidak terduga telah terjadi, mengakibatkan kerusakan atau penghancuran peralatan dan/atau sistem yang digunakan untuk mengamankan, menyimpan atau memproses Data Pribadi;
    2. Dimana Data Pribadi telah tersedia atau dapat ditemukan oleh publik sebelum Data Pribadi tersebut disampaikan kepada Perusahaan;
    3. Dimana Perusahaan telah memberikan upaya terbaik untuk memverifikasi, mengamankan dan melindungi Data Pribadi, dan dalam hal terdapat akses yang tidak sah, hacking , penyalahgunaan, modifikasi, perubahan, gangguan;
    4. Atas keakurasian (kecuali Data Pribadi yang telah diverifikasi oleh Perusahaan sesuai dengan Kebijakan ini), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Data Pribadi Anda; dan/atau
    5. Dimana penyalahgunaan Data Pribadi dan informasi yang disebabkan dengan tindakan kejahatan, penipuan atau tindak pidana apapun atau tindakan dari pihak ketiga yang tidak berada di bawah kendali atau instruksi dari Pengguna kepada Perusahaan.

  2. Perusahaan akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu secara tertulis melalui email atau sarana komunikasi lain yang terdaftar pada Perusahaan kepada Anda, jika terjadi kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi dalam pengelolaan Aplikasi, sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

 

5. Penanganan Pengguna

  1. Apabila terdapat pertanyaan, keluhan atau terdapat hal yang kurang jelas, Anda dapat menghubungi kami atau menyampaikannya secara tertulis melalui informasi korespondensi sebagai berikut:

    PT Media Antar Nusa

    Alamat                : Kompleks Multatuli Indah, Blok D No. 1 Medan 20151 – Indonesia

    Email                     : helpdesk@nusa.net.id

    Call Center     : +62 61 4558100 ; +62 61 30018200

  1. Pertanyaan, keluhan atau hal yang kurang jelas dapat disampaikan kepada Perusahaan sesuai hari kalender (termasuk hari libur).
  2. Pertanyaan, keluhan atau hal yang kurang jelas akan diselesaikan dalam waktu paling lambat 5 (lima) Hari Kerja sejak hal tersebut diterima oleh Perusahaan.
  3. Dalam mengajukan keluhan Pengguna diwajibkan untuk menyampaikan bukti-bukti yang mendukung. Pengguna memahami bahwa Perusahaan berhak untuk melakukan pemeriksaan atas keluhan yang disampaikan oleh Pengguna sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Perusahaan.

 

6. Lain-lain

  1. Kebijakan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum negara Republik Indonesia.
  2. Segala sesuatu hal yang belum diatur atau akan diatur di kemudian  hari akan ditambahkan atau disesuaikan dengan melakukan pengkinian Kebijakan ini dan akan diberitahukan kepada Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Anda disarankan untuk membaca secara seksama dan memeriksa Kebijakan ini dari waktu ke waktu agar Anda tetap terinformasikan mengenai perubahan terbaru dalam Kebijakan ini.
  4. Kebijakan ini dibuat dalam 2 (dua) versi bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dalam hal terdapat perbedaan interpretasi  maka versi yang berlaku adalah versi Bahasa Indonesia.

Dengan mengakses Aplikasi, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca, memahami, dan menyetujui Kebijakan Privasi Layanan Nusawork HR ini, yang merupakan satu kesatuan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Layanan Nusawork HR.